Apa yang menyebabkan gusi pucat?

Apa yang menyebabkan gusi pucat?
Apa yang menyebabkan gusi pucat?
Apa yang menyebabkan gusi pucat?
Gusi pucat dapat menunjukkan bahwa seseorang mengalami anemia, yang sering merupakan akibat dari defisiensi zat besi. Namun, jika gusi berwarna putih atau menyakitkan, penyebabnya mungkin lebih serius.
Gusi yang sehat harus memiliki warna merah jambu yang relatif konsisten. Mereka mungkin tampak sedikit lebih ringan di sekitar gigi dan lebih gelap di sekitar sisi mulut. Gusi satu orang mungkin secara alami sedikit lebih pucat atau lebih gelap dari yang lain.

Ketika seorang individu mengetahui bahwa warna gusinya berubah, mereka harus berbicara dengan dokter, terutama jika gejala tambahan menyebabkan kekhawatiran.

Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang penyebab gusi pucat. Kami juga menjelaskan gejala yang menyertainya, perawatan, dan kapan harus ke dokter.
Penyebab dan gejala


Perawatan dan jumlah gejala akan bervariasi, tergantung pada penyebab gusi pucat.

Di bawah ini adalah daftar kondisi yang mendasarinya, gejala lainnya, dan perawatannya:
Anemia
Gusinya pucat
Anemia adalah penyebab umum gusi pucat.

Anemia terjadi ketika tubuh tidak mendapatkan darah yang kaya oksigen. Kekurangan darah dapat menyebabkan beberapa jaringan tumbuh pucat.

Selain gusi pucat, seseorang dengan anemia mungkin memperhatikan gejala berikut:

    kelelahan atau kelemahan yang tak bisa dijelaskan
    sesak napas
    kulit dan mata pucat atau kekuningan
    sakit kepala
    palpitasi jantung

Anemia sering disebabkan oleh kekurangan zat besi, folat, atau vitamin B-12.

Jika tidak, seseorang mungkin memiliki terlalu sedikit sel darah atau tidak cukup hemoglobin. Pada orang dengan anemia sel sabit, sel-sel darah berbentuk tidak normal.

Kondisi medis juga dapat menyebabkan anemia atau meningkatkan risiko seseorang. Beberapa melibatkan kehilangan darah. Mereka termasuk:

    menstruasi yang sangat berat
    kehamilan
    kondisi hati, limpa, atau ginjal
    hipotiroidisme
    pendarahan di perut atau usus, yang mungkin disebabkan oleh ulkus gastrointestinal, kanker, pertumbuhan abnormal, kolitis, atau pembengkakan pada usus besar.

Obat-obatan tertentu, terutama untuk kemoterapi, dapat meningkatkan risiko seseorang terkena anemia. Lainnya mengembangkan kondisi setelah mengambil terlalu banyak obat anti-inflamasi nonsteroid, yang mengarah ke perdarahan internal.

Perawatan mungkin sesederhana mengambil pil besi yang diresepkan untuk setidaknya 6 bulan. Pil ini paling baik dikonsumsi dengan makanan dan jus jeruk, terutama jus jeruk. Ini juga dapat membantu untuk makan makanan yang kaya zat besi, seperti sayuran hijau gelap dan sereal dan roti yang diperkaya.

Ketika periode yang sangat berat bertanggung jawab untuk anemia, seseorang dapat mengambil manfaat dari obat-obatan hormon yang meringankan menstruasi.

Makanan tertentu dapat mengganggu penyerapan zat besi tubuh. Seseorang dengan anemia mungkin ingin menghindari:

    kopi dan teh
    alkohol
    produk gandum utuh
    produk susu

Leukoplakia

Leukoplakia oral dapat menyebabkan bercak seragam, tipis, putih untuk berkembang pada gusi. Ini bergantian dengan, atau dibatasi oleh, gusi biasa atau jaringan lendir.

Bercak putih mungkin timbul, nodul putih atau berbintik merah.

Leukoplakia tambalan dapat berkembang di mana saja di mulut dan tidak dapat digosok atau digosok.

Penyebab kondisi ini tidak jelas, tetapi tampaknya lebih sering terjadi pada orang yang merokok, mengkonsumsi banyak alkohol, atau memiliki kebersihan mulut yang buruk.

Dalam banyak kasus, tambalan leukoplakia tidak berbahaya. Namun, mereka bisa berubah dan menjadi kanker.

Siapa pun yang memperhatikan patch ini harus berbicara dengan dokter atau dokter gigi. Bergantung pada ukuran dan lokasi tambalan, serta faktor risiko individu seperti merokok, dokter dapat memilih untuk memantau tambalan leukoplakia atau mengangkatnya secara bedah.
Mati haid
Menopause dapat menyebabkan gusi pucat dan berdarah
Gusi pucat atau berdarah dapat terjadi karena perubahan hormonal.

Perubahan hormonal yang terkait dengan menopause diketahui dapat menurunkan aliran darah, yang dapat menyebabkan gusi menjadi pucat dan kering.

Suatu bentuk infeksi yang disebut menopause gingivostomatitis dapat menyebabkan pucat, gusi kering yang dapat berdarah.

Terapi hormon dapat mengobati gejala-gejala ini. Ketika spesies jamur bertanggung jawab untuk gingivostomatitis, seseorang mungkin perlu menggunakan krim antijamur topikal, seperti nistatin atau clotrimazole.
Lichen planus oral

Pada seseorang dengan lichen planus oral, sebuah film yang menyerupai web, benang putih yang sedikit timbul berkembang di seluruh membran lendir gusi.

Untuk mendiagnosis kondisi ini, dokter biasanya akan mengambil biopsi, sebagian kecil jaringan dari area yang terkena, untuk menyingkirkan masalah medis lainnya.

Kasus lichen planus oral erosif yang melibatkan ulkus, atau luka terbuka, dapat diobati dengan menggunakan kortikosteroid topikal atau steroid sistemik.

Tidak ada obat untuk lichen planus oral, dan perawatan akan fokus pada membatasi jumlah flare-up dan tingkat keparahan gejala. Makan makanan yang sehat, seimbang, tetap terhidrasi, berolahraga, dan berhenti merokok dapat membantu mengelola kondisi tersebut.
Kapan harus ke dokter

Gusi pucat adalah tanda umum anemia, dan anemia ringan dapat dikelola di rumah dengan meningkatkan asupan zat besi. Namun, kasus yang parah dapat mengancam jiwa.

Bicarakan dengan dokter atau dokter gigi tentang gusi pucat sesegera mungkin. Menerima pengobatan secara dini dapat mengurangi risiko komplikasi.

Mintalah saran medis jika gejala infeksi menyertai gusi pucat. Gejala-gejala ini termasuk:

    gusi berdarah
    getah bengkak, menyakitkan, atau lunak
    gusi yang surut di sekitar gigi
    nafas yang sangat buruk
    demam
    gigi yang gembur
    kesulitan atau rasa sakit menelan
    abses gusi
    rasa logam di mulut
    sakit di rahang atau wajah

Siapa saja yang menduga bahwa mereka memiliki pertumbuhan mulut yang abnormal, seperti yang terjadi pada lichen planus atau leukoplakia, harus menemui dokter atau dokter gigi dan mendiskusikan pilihan perawatan.

Ketika gusi pucat dikaitkan dengan menopause atau periode menstruasi yang berat, seseorang mungkin ingin berbicara dengan dokter tentang terapi hormon yang dapat mengurangi gejala.
Tips untuk gusi sehat
Flossing setiap hari akan membantu mempertahankan kebersihan mulut yang baik
Flossing setiap hari akan membantu seseorang mempertahankan kebersihan mulut yang baik.

Berlatih kebersihan mulut yang baik adalah cara termudah untuk menjaga gusi tetap sehat.

Kiat-kiat berikut dapat membantu seseorang menjaga kebersihan mulut yang baik:

    sikat gigi setidaknya 120 detik dua kali sehari atau lebih sering
    benang setiap hari
    Bilas mulut dengan produk yang mengandung fluoride satu atau dua kali sehari
    bilas atau sikat setelah mengkonsumsi makanan atau minuman manis
    mengganti sikat gigi atau kepala sikat gigi setiap beberapa bulan atau ketika mereka terlihat usang
    latihan setidaknya 30 menit sehari
    kunjungi dokter gigi secara teratur
    hindari merokok atau menggunakan produk tembakau

Juga penting untuk makan makanan yang sehat dan seimbang. Ini harus melibatkan banyak buah utuh, sayuran, dan biji-bijian. Diet harus mencakup sumber zat besi yang baik, seperti lentil, buncis, kacang, dan daging tanpa lemak.
Pandangan

Warna alami gusi bervariasi dari orang ke orang. Ketika gusi menjadi lebih pucat dari biasanya, bicaralah dengan dokter atau dokter gigi untuk menyingkirkan anemia dan kondisi lain yang mendasarinya.

Siapa pun yang mencurigai pertumbuhan abnormal membuat gusi tampak lebih terang dari biasanya, sebaiknya minta saran medis. https://jalasenastri.com